Friday, September 20, 2013

Lele Peluang Usaha Air di Indonesia



gambar oleh bibit ikan dot net
Pengusaha sukses itulah yang menjadi impian banyak orang, dari orang yang tidak bekerja sampai dengan pns sekalipun ingin menjadi pengusaha sukses. Zaman sekarang berubah, makanya tidak sedikit orang yang bekerja kemudian mengundurkan diri termasuk juga para PNS. Hal ini dikarenakan pendewasaan
orang tersebut sudah sampai pada titik pengetahuan menjadi pengusaha atau entrepreneur.  Dengan keberanian, analisa, kecermatan, dan rasa tanggung jawablah para pengusaha bisa survive menjalankan usahanya dan pada akhirnya tumbuh berkembang menjadi maju dan besar.
Di Indonesia yang notabennya Negara kepulauan, tentunya banyak sungai, kali dan lain sebagainya. Kalau kita berpikir lebih jauh sebenarnya melimpahnya air di Negara Indonesia merupakan peluang bagi kita untuk menjalankan bisnis atau usaha yang berkaitan dengan air. Contoh kecil saja adalah usaha beternak ikan, baik ikan tawar atau asin.
Selain ketersediaan air yang melimpah, dari segi permintaan ikan di Indonesia cukup besar bahkan Negara kita juga menjadi salah satu pengekspor jenis ikan sidat ke Negara jepang. Dari sini tampak jelas bahwa menjadi pengusaha beternak ikan air merupakan peluang bagi masyarakat Indonesia. Lantas mau beternak ikan apa? Sidat, lele, udang, gurami, atau ikan apa?. Sebagai orang yang baru terjun dalam dunia peternakan lebih khusus lagi peternakan hewan air alangkah baiknya kita mencoba yang mempunyai resiko kecil. Diantara komoditas ikan yang mempunyai permintaan banyak serta harga yang mampu dijangkau adalah beternak ikan lele.
ikan lele merupakan ikan jenis air tawar, mudah diternak dan banyak disuka orang. Harga ikan lele dipasaran sampai dengan saat ini berkisar antara 13.000-17.000. jika kita berani dan mempunyai keinginan besar untuk beternak ikan lele, kemungkinan besar kesuksesan sedang berjalan menghampiri anda.
  Ada beberapa tahapan yang harus diketahui dan dipahami oleh para calon pengusaha sukses dengan bisnis lele. Mengapa pengetahuan?. Jelas itu nomor satu karena jika kita tidak tahu pengetahuan, ilmu, atau cara beternak lele yang benar, besar kemungkinan kita hanya menjadi pengusaha lele seperti biasa saja, yang menggunakan metode konvensional atau tradsional. Jika ingin sukses dan berkembang tentu bermula dari apa yang kita tahu, jika teori yang kita tahu diterapkan dengan prinsip trial and error niscaya  kekayaan dalam hal materi semakin dekat sosoknya dengan anda.
Perlu diketahui dalam usaha budidaya ikan lele ada dua jenis yaitu budidaya ikan lele dalam hal pembibitan serta budidaya ikan lele pendederan atau pembesaran sampai dengan ikan layak konsumsi. dari dua pilihan itu kita bisa memilih dan menganalisa diri kita cocok dan pas terjun dalam budidaya ikan lele pembibitan atau pembesaran.
Kedua jenis diatas mempunyai keunggulan dan kelemahan masing-masing. Peralatan atau perabotan yang digunakan juga berbeda antara pembibitan dan pembesaran. Meskipun demeikian dua jenis budidaya lele kalau di ringkas sebenarnya hanya ada beberapa hal saja yang harus dimiliki dan dikuasai oleh seorang entrepreneur. Persiapan-perssiapan tersebut adalah sebgai berikut.
  1. Pengeringan dan Pengolahan tanah, nantinya jika air dan kadar tanahnya pas dan tepat, maka besar kemungkinan usaha anda akan berhasil. Maksud pengeringan  dan pengolahan tanah iini nantinya diguakan sebagai tempat bercocok tanam atau beternak ikan lele.
  2. Pengkapuran dan pemukan media, tujuan pengkapuran media kolam nantinya lebih pas dan akurat. Hal ini dilakukan guna menjaga keseragaman kolam serta pemberantasan mikro organisme pathogen.
  3. Pengaturan air kolam
  4. Pemilihan bibit yang mempunyai kualitas unggul. Jika salah pilih bibit peranakan dari bibit yang hamper monopouse tentunya anakan ikan lele juga tidak seperti anak-anak yang pertama.
  5. Dalam hal makan, menggiati usaha lele juga merupakan aspek penting yang harus diketahui calon entrepreneur beternak lele. Dalam pemberian makan alangkah baikya setiap pengusaha mengetahui pakan mana yang bagus dan berkualita. Dalam pemberian makan juga ada sebuah yang harus dimakan. Ada sebuah materi untuk mengukur makanan apa yang harus dimakan ternak yaitu FCR atau food convertion ratio.
  6. Pengendalian hama dan penyakit.
  7. Dan yang terakhir adalah panen
Mudah bukan, jika usaha perlelean ini ditekuni dengan niat yang benar banyak kemungkinan usaha anda akan berhasil dikemudian hari.
Judul: Lele Peluang Usaha Air di Indonesia
Rating Blog: 5 dari 5
Ditulis oleh Muh Wildan
Anda sedang membaca artikel Lele Peluang Usaha Air di Indonesia. Jika ingin mengutip, harap mencatat sumber asli URL http://idebudidaya.blogspot.com/2013/09/lele-peluang-usaha-air-di-indonesia.html. Terima kasih sudah singgah di blog ini jika anda berkenan tolong menjadi bagian dari blog ini dengan join this site atau bergabung dalam lingkaran google+.

No comments:

Post a Comment